Home » berita » Buka Puasa Bersama Keluarga Besar IAIN Padangsidimpuan

Buka Puasa Bersama Keluarga Besar IAIN Padangsidimpuan

ramadhan

 

Alhamdulillah pada tanggal 26 Ramadhan 1436 H atau bertepatan dengan 13 Juli 2015, Keluarga besar IAIN Padangsidimpuan telah menyelanggarakan buka puasa bersama sekaligus menyelenggarakan Santuan anak yatim di Auditorium IAIN Padangsidimpuan.

Sebelum Buka puasa bersama, disampaikan tausyiah tentang kesolehan individu dan kesolehan sosial. Apa itu kesolehan Individu? Kesolehan individiu adalah kesolehan seorang hamba dengan tuhannya semisal rajin beribadah atau melakukan haji berkali kali. Kesolehan sosial adalah kesolehan sosial adalah bentuk kesolehan yang manfaatnya dirasakan kaum muslimin yang lain, seperti bersedah atau menyantuni anak yatim. Sudah seharusnya kaum muslimin sholeh secara individu dan sosial sekaligus dan jangan sampai kita masuk kedalam kategori pendusta agama seperti digambarkan dalam surat Al Ma’un Ayat 1 sampai 3.

Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

Itulah orang yang menghardik anak yatim,

dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.

Dalam acara ini, Pihak kampus IAIN menyantuni 50 anak yatim yang berada di sekitar kampus. Anak yatim tersebut berasal dari Desa Palopat, Sihitang dan Padangmatinggi. Harapan dari buka bersama ini bukan hanya menjaga kebersamaan civitas akademika namun juga meningkatkan kesadaran kita agar lebih sholeh secara sosial dan lebih peduli terhadap Anak yatim dan fakir miskin pada umumnya.

Alhamdulillah acara ini berlangsung dengan baik dengan suasanya kekeluargaan, Acara ini juga cukup meriah karena adanya hiburan seni islam dari mahasiswa IAIN yang tergabung dalam Himapsiq (Himpunan mahasiswa Pecinta Seni  Islam dan Quran).

Ditulis Oleh : Candra Adi Putra, Pengelola Website Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, IAIN Padangsidimpuan.


Leave a comment

Your email address will not be published.

*