Home » Jurusan » Hukum Perdata Islam

Hukum Perdata Islam

a) Visi 

Unggul  dan terdepan di regional sumatra dalam pendidikan dalam pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengembangan hukum perdata islam berbasis praktisi tahun 2025.

b) Misi

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran hukum perdata islam yang integratif untuk menghasilkan sarjana yang profesional baik secara teoritis maupun praktis.

Melaksanakan dan mengembangkan penelitian dan pengkajian hukum perdata islam (Hukum keluarga) secara komprefensif bagi kepentingan institusi dan masyarakat.

Melaksanakan advokasi hukum perdata islam (Hukum keluarga ) kepada masyarkat serta menjalin kerjasama dengan stake holder.

Meningkatkan peran serta dalam pengembangan praktek hukum islam di tengang tengah masyarakat.

b) Tujuan 

1. menghasilkan sarjana dibidang  hukum perdata islam (Hukum keluarga) yang unggul dan kompetitif sebagai praktisi hukum serta dapat mengaplikasikannya di tengah tengah masyarakat, lembaga pemerintah maupun swasta  secara amanah, profesional, kreatif dan inovatif.

2. Menghasilkan sarjana yang mampu melaksanakan penelitian dan menganilis sengketa hukum perdata islam (hukum keluarga).

3. Menghasilkan sarjana yang mampu melaksanakan advokasi hukum dibidang perdata islam sehingga dapat memberi manfaat bagi keadilan dan kesejahteraan masyarakat .

4. Membangun jaringan yang kokoh dan fungsional di tengah masyarakat dan dengan para alumni.

 

d) Profil Lulusan 

  1. Sebagai hakim pada penagdilan agama
  2. sebagai advokat
  3. sebagai pegawai di lembagaka ke -KUA-an
  4. sebagai tenaga ahli dewan pengawas syariah (DPS) pada lembaga keuangan syariah
  5. sebagai tenaga ahli dewan syariah nasional (DSN)
  6. sebagai mediator sengketa hukum keluarga
  7. sebagai hakim arbiter syariah
  8. sebagai konsultan hukum keluarga
  9. sebagai aparatur negara
  10. Penyuluh hukum keluarga dan masyarakat