Home » IT Support » Penjelasan Kekuatan Sinyal Internet Modem

Penjelasan Kekuatan Sinyal Internet Modem

Karena permasalahan jaringan internet kadang terjadi di Fakultas Syariah dan Ilmu hukum IAIN padangsidimpuan, maka banyak diantara pegawai dan dosen memanfaatkan modem untuk mengakses internet. Banyak keluhan terjadi karena internet lambat walaupun paket data internet baru saja di isi.

Dari sini, sebenarnnya banyak faktor yang menyababkan lambatnya koneksi internet dari Modem 3G/seluler, namun yang paling sering terjadi adalah karena lemahnya sinyal di lokasi tersebut. Untuk memudahkan memahami saya beri contoh gambar berikut

WCDMA/UMTS (3G) adalah sinyal minimal jika koneksi ingin lancar
WCDMA/UMTS (3G) adalah sinyal minimal jika koneksi ingin lancar

Setiap kali terkoneksi mengunakan modem Seluler, cek status sinyal di pojok kiri bawah. Pada contoh diatas sinyalnya adalah WCDMA. Status sinyal disini sangat penting untuk menganalisa kecepatan internet.

Mengenal Kecepatan sinyal Modem seluler
sebelum lebih jauh membahas kecepatan, perlu diperhatikan bahwa 1 bit itu 1/8Byte. Ukuran kecepatan internet diukur dengan Kbit dan  ukuran file dukur dengan KByte. apa perbedaanya? Artinya jika anda punya internet dengen kecepatan 40kbit/s maka saat  download maximal kecepatan hanya 5KByte/s. cara menghitungnya kecepatan internet dibagi 8.

GPRS (2G)

(2G) merupakan sinyal paling lemah, kecepatannya antara 32-40 Kbit/s terlihat di layar USB modem  yang artinya klo kita download kecepatan dilayar maximalnya 4-5KByte/s  di IDM atau Browser.

EDGE (2.5G)

merupakan generasi terbaru setelah GPRS, kecepatannya antara 400-500Kbit/s di Layar USB modem yang artinya kalau download, kecepatan dilayar maximal 50KByte sampai 60KByte dalam kondisi ideal, pada kenyataannya kadang kecepatannya real dilapangan hanya antara 10KByte -30KByte

WCDMA/UMTS (3G)

Ini merupakan jaringan generasi ketiga, kecepatannya daitas EDGE namun dibawah HSPA. Jadi kecepatan yang bisa didapat bisa antara 400Kbit/s – 1Mbit/s. Saat download biasanya kecepatannya antara 30KByte/s -60KByte/s di IDM atau Web browser.

HSPA/HSDPA (3.5G)
secara teori kecepatannya bisa mencapai 3.6MBit/s atau dilayar komputer 400KByte/s. Tapi  itu dilevel teori, kenyataan dilapangan kecepatannya hanya antara 100-200KByte/s atau setara dengan modem Speedy.

LTE (4G)
Saat ini, jaringan LTE adalah jaringan tercepat baru ada di kota besar seperti jakarta.  kecepatan secara teori antara 50Mbit/s sampai 100MBit/s sama seperti jaringan LAN. Kecapatan yang tertulis adalah kecapatan secara teori. Secara teori, kecepatan yang tertera dilayar komputer akan tampak 8MByte/s sampai 12Mbyte/s. Namun kondisi dilapangan biasanya dibawah 8MByte/s.

Untuk kenyamanan akses internet, minimal adalah Sinyal WCDMA/UMTS(3G). Jika anda mendapat sinyal GPRS atau EDGE, maka dipastikan jaringan anda terasa sangat lambat.

Ditulis Oleh : Candra Adi Putra, Pengelola Website Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, IAIN Padangsidimpuan.


Leave a comment

Your email address will not be published.

*